The second week of my cryptocurrency trading adventure was amazing!!! Saya akhirnya dapat sedikit lebih memahami teknik-teknik trading dan sudah bisa dengan cukup tepat dalam market prediction (Again, probably just a beginner’s luck!).

Secara kumulatif, setelah minggu lalu membukukan profit sebanyak 83%, minggu kedua keuntungan yang di dapat melonjak drastis sampai 350% (83% + 267%)

Couldn’t get any better than this. Or is it?





 

The curious case of PIVX (Private Instant Verified Transaction)

Ada 2 portofolio yang menyebabkan saya mendapatkan gain > 100%, yaitu cryptocurrency dengan nama PIVX dan BITBAY.

Minggu lalu saya menulis kalau harga bitcoin jatuh ke rate 1 BTC = $ 900-an. Hal ini dikarenakan bitcoin dalam waktu dekat kemungkinan akan mengalami “hard fork” dan terpecah menjadi 2 currency baru yang berbeda, hal ini menyebabkan banyak pemegang bitcoin panik dan mencari alternate currency untuk menyimpan dana mereka, inilah mengapa untuk judul trading journal minggu ini saya menyebutnya the rise of altcoin (singkatan alternate coin, yaitu coin-coin selain bitcoin). Karena minggu ini ada dua alternate coin yang nilainya melonjak drastis.

Karena berita tentang hard fork di atas, saya memulai research mengenai apa kira-kira yang akan dijadikan pemegang bitcoin saat ini sebagai alternate currency. Point penting yang perlu kita pahami mengenai kondisi saat ini untuk bitcoin adalah :

  • Adanya hard fork membuat investor panik dan khawatir bitcoin yg mereka pegang nilainya turun drastis.
  • Transaksi bitcoin saat ini sangat sangat lambat, untuk mengirim bitcoin dari satu address ke address lain, diperlukan waktu at least 30 menit – 2 jam, tidak instant.
  • Bitcoin, yang dulunya di anggap anonymous dan tidak bakal bisa terlacak, sehingga seringkali digunakan untuk membeli barang2 terlarang di dark web (narkoba dan sejenisnya), ternyata bisa terlacak.
  • Transaction fee semakin lama semakin tinggi

Berbekal kondisi di atas, market research mulai saya lakukan melalui penggalian informasi di twitter, bitcoin forum dsb. Kemudian saya mendapati sebuah alternate currency dengan nama PIVX (Private Instant Verified Transaction), dari whitepaper yang saya baca, apa yang ditawarkan PIVX sangatlah sesuai dengan kekurangan yang dimiliki bitcoin saat ini. Saya test dengan membeli sedikit jumlah PIVX untuk melihat seberapa cepat transaksi dilakukan.

Berdasarkan percobaan saya, saya dapatkan informasi :

  • Dengan PIVX, dalam waktu kurang dari 1 menit, jumlah PIVX yang kita withdraw dari exchange ke “Wallet” (Sebutan untuk media penyimpan cryptocurrency, bisa berupa client/PC application ataupun web wallet) sudah sampai, almost instant.
  • Transaksi antar PIVX belum bisa di trace di blockchain explorer
  • Fee sangat rendah
Tanpa membahas teknis lebih jauh, saya simpulkan currency ini dalam waktu dekat akan mendapat perhatian pemegang bitcoin dan uang dari bitcoin akan kemungkinan besar sebagian mengalir ke PIVX.

Dan benar saja…

356.00 %

Saya beli di rate 0.00011797 ketika berita mengenai PIVX belum masuk media-media mainstream (mainstream disini artinya mainstream buat cryptocurrency ya, bukan mainstream seperti CNN dsb. hehe), setelah kurang lebih 2 hari menunggu, handphone saya bunyi menandakan ada alert update price yang masuk. Mulanya secara perlahan harga naik jadi 0.00020000 kemudian seiring waktu naik sampai peak di 0.00047000, namun saya stop profit di 0.00041998.

Satu pelajaran berharga yang saya dapatkan :

Manusia tidak akan pernah bisa secara pasti mengetahui kejadian yang akan datang, Namun, mengetahui sebuah informasi sebelum kebanyakan orang tau bisa sangat-sangat powerfull jika kita pandai memanfaatkannya.

 

Hal ini rasanya berlaku untuk semua bidang, ngga cuma dunia cryptocurrency saja. Hanya karena saya tahu info tentang PIVX sebelum kebanyakan orang menyadari kalau teknologi yang ditawarkan PIVX jauh lebih baik daripada bitcoin, prediksi saya kalau coin ini bakal boom cukup tepat, dan saya bisa untung lumayan besar.

The BitBay situation

Alternate coin kedua yang ingin saya bahas adalah bitbay, coin ini cukup unik, sudah ada sejak 2014. Namun sejak awal launching, coin ini banyak di terpa masalah internal antar developpernya (Salah satu developernya ternyata merupakan scammer) sehingga projectnya terbengkalai dan dormant.

Salah satu programmernya, namanya David Zembick, memutuskan untuk menjadi one man army dan menyelesaikan project BitBay. Dia seorang diri merancang bitbay dari nol dan sudah sekitar 50.000 line of code dia buat.

Setelah research lebih dalam mengenai kapabilitas coin ini, saya berkesimpulan coin ini layak diperhitungkan karena teknologi dibelakangnya jauh lebih advance di banding coin alternate lain, yang banyak diantaranya cuma “Copy paste” code dari existing coin (They call it Sh*tcoin).

Butuh waktu lumayan lama untuk membaca semua history bagaimana coin ini dari awal di buat, sampai sebulan terkahir baru mengeluarkan announcement kalau bitbay versi terbaru sudah siap release, dan feature2nya benar-benar powerfull!

Berikut web resminya :

Seberapa powerfull? Visi bitbay adalah membuat decentralized marketplace. Bayangkan e-bay, tapi semuanya decentralized, tanpa ada middlemen, dan sistem pembayarannya escrow dengan smart contract yang di verified di blockchain. Dengan sistem ini, fee otomatis jauh lebih rendah, dan yang menarik adalah sistem escrownya, di mana untuk melakukan transaksi, maka kedua belah pihak harus melakukan deposit, jika salah satu pihak menipu (barang tidak di kirim dsb.) maka uang yang di dalam escrow tsb akan hangus, detailnya dapat di baca di page berikut :

Menurut saya, meski dalam 1-2 tahun kedepan mungkin belum terlihat penggunaan decentralized marketplace di dunia nyata, namun saya pikir dalam 5 tahun ke atas sistem decentralized marketplace akan booming, seiring dengan familiarnya orang-orang dengan teknologi blockchain.

Sama dengan PIVX, market prediction saya tepat untuk BitBay:

183.34%

Dari sini saya melakukan beberapa kali trade, jual saat tinggi, kemudian re-buy saat harga jatuh guna menambah jumlah coin PIVX dan BitBay yang saya miliki. Saat ini saya hold investment saya di kedua cryptocurrency tersebut, mengingat bitcoin terlalu volatile. Selain itu, sejumlah bitcoin juga sudah saya convert ke USD guna jaga-jaga apabila ada market crash.

Secara keseluruhan, saya sangat excited dengan hobby baru saya ini, saya menganggap ini seperti bermain game simulator, hanya saja uang yang digunakan adalah uang beneran hehe. Mungkin karena investment saya masih skala receh, jadi lebih tidak ada beban dalam mengambil keputusan untuk invest, karena toh jumlah yang saya invest tidak seberapa, jadinya nothing to lose.

Happy trading!

(c) Alit Trisatya 2017

Categories: Bitcoin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*